Selasa, 08 Desember 2020

Rumah Sakit Prof. Dr. Soerojo Magelang

 Rumah sakit jiwa Prof. Dr. Soerojo beralamat di Jl. Jendral Ahmad Yani 169 Magelang. Direktur utamanya bernama dr. Eniarti, M.Sc., Sp.KJ., MMR. Dan merupakan rumah sakit dengan tipe A khusus. Jumlah tenaga medis sebanyak 49 orang dan paramedis sebanyak 446 orang. Rumah sakit ini menjadi "Pusat Rujukan Nasional" dibidang "Kesehatan Jiwa". Dan sejak tahun 2009 rumah sakit jiwa ini membuka pelayanan kesehatan untuk pasien umum (non jiwa) yang dilayani oleh spesialis dan subspesialis. Salah satu pelayanan yang ada di rumah sakit ini adalah layanan rawat jalan yang terdiri dari beberapa polikilink salah satunya Poliklinik Gigi dan Mulut. 


Rumah sakit ini menjadi tempat saya melaksanakan Praktek Kerja Lapangan I dalam waktu 5 minggu. Pada poliklinik gigi dan mulut mempunyai dokter gigi spesialis ortodontia. Kegiatan saya selama PKL disana yaitu dibagi menjadi 2 kelompok kecil. Satu kelompok kecil sebanyak 3 orang mendapat tugas di polikinik gigi dan mulut rawat jalan dan satu kelompok kecil yang lain mendapat tugas di poliklinik Ikeswar (Instalasi Kesehatan Jiwa Remaja). 

Pada minggu pertama dan kedua kelompok kecil saya mendapat tugas di Poliklinik Ikeswar (Instalasi Kesehatan Jiwa Remaja) dengan kegiatan mengunjungi bangsal-bangsal jiwa untuk dilakukan pemeriksaan gigi pasien jiwa bersama dokter gigi dan perawat gigi. Selain itu, melakukan penyuluhan dan mengajarkan cara menyikat gigi yang baik dan benar kepada pasien jiwa. Pengalaman dan pembelajaran yang sangat berharga bagi saya berkesempatan melaksanakan kegiatan PKL disini. Selain kunjungan ke bangsal, kegiatan kami di Poli Ikeswar menunggu paisen anak berkebutuhan khusus yang akan diperiksa kesehatan gigi dan mulutnya. 

Foto bersama di Poli Ikeswar

Pada minggu ketiga dan keempat kelompok kecil saya mendapat tugas di layanan rawat jalan yaitu poliklinik gigi dan mulut. Kegiatan kami disini menjadi asisten dokter gigi yang merupakan dokter gigi spesialis ortodonti. Jadi, kebanyakan pasien disini adalah pasien orto.
 
Foto bersama di Poliklinik gig dan mulut rawat jalan

Dan minggu terakhir yang saya dan teman-teman lakukan adalah memenuhi target praktek jika ada yang masih kurang. Pengalaman saya selama PKL di RSJ ini sangat menyenangkan dan menambah ilmu yang luar biasa tidak hanya ilmu tentang gigi dan mulut, tetapi juga ilmu menghadapi pasien jiwa. Sungguh pengalaman yang tak terlupakan, dan saya jadi rindu pada rumah sakit ini. 

Sekian yang dapat saya sampaikan, kurang dan lebihnya saya mohon maaf. Terima kasih teman-teman.
Oh iya untuk membaca artikel saya mengenai kesehatan gig yang pendukung isu kesehatan terkini bisa diBaca di sini

0 komentar:

Posting Komentar